Rumus-Rumus Untuk SMP Dalam Pelajaran Matematika Agar Mudah Dipahami

Posted on

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang cukup ditakuti oleh anak-anak sekolahan. Biasanya, yang ditakuti bukan karena pelajarannya yang terlihat mengerikan. Akan tetapi, karena anak-anak susah dalam menghafal rumus-rumus matematika itulah yang membuat beberapa anak merasa anti dengan pelajaran matematika. Padahal, jika anak-anak belajar matematika dengan lepas dan tanpa beban, pasti bisa mengerti dengan sangat baik.

Rumus-rumus apa saja yang anak-anak SMP harus kenali dan pahami untuk meningkatkan pembelajaran di mata pelajaran matematika? Berikut ini beberapa rumus-rumus untuk SMP dengan contoh soal dan penjelasan di dalamnya. Dengan ringkasan rumus ini, anak-anak SMP bisa mempersiapkan untuk ujian sekolah.

Rumus Bilangan Bulat

Bilangan bulat merupakan bilangan yang tidak dapat dipecah atau dipotong. Bilangan bulat ini utuh dalam posisi positif maupun negatif. Anda akan menemukan garis bilangan yang berisikan bilangan bulat. Semakin ke kanan garis maka, semakin positif dan besar nilai bilangan bulat. Dan sebaliknya, semakin ke kiri garis maka, semakin kecil dan negatif bilangan bulat. Dalam operasi matematika, dua atau lebih bilangan bulat bisa dilakukan.

Seperti, operasi matematika penjumlahan dengan contoh – 10 + (- 15) bisa menggunakan cara pengerjaan menjadi – (10 + 15) = – 25. Dan jika ada soal seperti – 20 + 10 maka, cara pengerjaannya menjadi – (20 – 10) = – 10. Tanda + bisa berubah menjadi – karena ada sifat perhitungan. Jika tanda + bertemu + maka, tanda tetap berupa +. Jika tanda + bertemu tanda – maka, tanda berubah menjadi -. Dan jika tanda – bertemu dengan tanda – maka, tanda berubah menjadi +.

Anak-anak bisa melihat kembali pelajaran tanda hitung tersebut di kelas 6 SD.

Rumus Operasi Aljabar

Rumus aljabar ini menjadi tahapan yang meningkat dari bilangan bulat. Anak-anak akan menemukan suatu bentuk matematika yang menyajikan huruf-huruf untuk mewakili suatu bilangan yang belum diketahui. Bentuk operasi aljabar berfungsi sebagai sebuah penghitungan yang bisa digunakan untuk menyelesaikan permasalahan di kehidupan sehari-hari. Seperti, untuk mengetahui banyaknya pekerja yang dibutuhkan dalam 3 hari, atau lainnya.

Bentuk aljabar yang sering anak-anak SMP dapati dalam soal matematika biasanya menggunakan variabel huruf x, y, dan z. Meskipun anak-anak SMP akan berfokus pada bahan ajar aljabar, namun, tetap bertemu dengan operasi dari bilangan bulat. Seperti 5x + 3y atau 10x – 7y. Ada juga dengan menggunakan operasi perkalian dan pembagian. Dan masih banyak lagi rumus-rumus untuk SMP mengenai perhitungan yang akan selalu muncul kembali di pelajaran jenjang berikutnya. Oleh karena itu, sebisa mungkin anak-anak harus bisa mengingat dan selalu mempelajarinya kembali agar saat beranjak ke SMA, anak-anak masih bisa mengerjakannya.