Coba Tips Menghafal Rumus Matematika Ini!

Posted on

Seringnya, kamu diminta untuk memahami sebuah materi saat belajar, danbukan hanya sekedar menghafalkan. Tapi, untuk pelajaran matematika yang memangpunya rumus-rumus untuk dihafalkan, rasanya memahami saja juga tidak cukup.

Lantas, bagaimana cara menghafalkan rumus matematika yang mudah? Sebab, kamu pasti sudah tahu kalau sekadar hafal rumus tapi tidak tahu kapan harus menggunakannya juga bisa dibilang percuma. Nah, kamu bisa coba beberapa tips menghafal rumus matematika berikut ini yang semoga bisa membantumu belajar matematika dengan lebih mudah!

Gunakan Visualisasi Warna

Kamu bisa manfaatkan warna sebagai salah satu tips menghafal rumus matematika untuk membantumu. Sebab, otak manusia secara umum dibagi jadi 2 bagian: otak kanan dan otak kiri. Otak kanan memuat memori visual dan imajinasi, sementara otak kiri memproses hal-hal yang berkaitan dengan logika. Nah, dengan menggunakan visualisasi, diharapkan kamu bisa gabungkan fungsi kedua bagian otak supaya rumus matematika jadi lebih mudah diingat.

Caranya mudah, yaitu cukup siapkan spidol warna-warni dan selembar kertas. Kemudian tuliskan ulang rumus yang sudah kamu pelajari dan bedakan warnanya. Kemudian hafalkan di tempat yang tenang atau tempat di mana kamu merasa lebih mudah untuk menghafalkan.

Gunakan Rumus Cepat Persamaan Matematika

Rumus cepat persamaan di dalam matematika ini biasanya diajarkan ketika kamu bergabung dengan lembaga bimbingan belajar. Akan tetapi, sekarang kamu juga bisa mengakses rumus cepat seperti ini dengan mudah melalui internet juga, kok. Dengan rumus cepat persamaan matematika, kamu pun bisa menghafal rumus yang lebih mudah dan ringkas, bahkan bisa membantumu menyelesaikan soal matematika dengan lebih cepat.

Contohnya adalah soal seperti berikut:

Bila a + 1/a = 5, maka nilai a3 + 1/a3 adalah…

Jika diselesaikan berdasarkan panduan di buku pelajaran, kamu bisa jadi butuh waktu lebih lama untuk menemukan jawabannya. Tapi, rumus tersebut bisa disingkat jadi seperti ini:

a3 + b3 = (a + b)3 – 3ab(a + b)

Jangan cemas, karena rumus singkat itu bersumber dari rumus yang ada, hanya saja kamu tidak perlu mengutak-atik lagi rumusnya dari awal.

Menghafal Tanda Pengoperasian Soal

Karena kamu mendapatkan pelajaran matematika sejak SD, maka kamu pasti sudah tidak lagi kebingungan saat mengerjakan soal penjumlahan, pengurangan, perkalian, maupun pembagian di bangku SMP atau SMA. Tapi, ternyata masih ada yang sering dibuat bingung oleh soal-soal seperti ini:

  • a + (-b) = …
  • (-a) + (-b) = …
  • a – (-b) = …
  • -a – (-b) = …

Padahal, soal-soal seperti di atas bisa diselesaikan hanya dalam hitungan detik tanpa harus menggunakan kertas corat-coret selama kamu tahu rumus berdasarkan tanda pengoperasiannya (angka negatif atau positif). Kalau diringkas, rumusnya adalah seperti ini:

  • Negatif (-) – negatif (-) = positif (+) atau negatif (-), tergantung angkanya.
  • Negatif (-) + positif (+) = positif (+) atau negatif (-), tergantung angkanya.
  • Positif (+) – negatif (-) = positif (+).
  • Positif (+) + positif (+) = positif (+).

Misalnya, untuk soal “-4 + 9”, maka jawabannya adalah 5. Sedangkan untuk soal “-3 – (-6)”, maka jawabannya adalah -9.

Itulah beberapa tips menghafal rumus matematika yang bisa kamu coba sekarang. Semoga bermanfaat!