Rumus Matematika SMA Dengan Cara Cepatnya

Posted on

Rumus matematika SMA ada banyak yang harus dipelajari. Akantetapi, tidak bisa terlepas dari rumus-rumus yang sudah dipelajari saat SDmaupun SMP. Tingkat kesulitan yang dihadapi pastinya lebih tinggi dengan soalyang bergaya komples. Anak-anak SMA diajak untuk berpikir lebih logis untukbisa menyelesaikan suatu permasalahan. Oleh karena itu, anak-anak SMAdiharuskan untuk selalu mencoba latihan-latihan soal sekaligus mengingatkembali rumus yang sudah dihafal.

Seringkalinya anak-anak SMA tidak dapat menyelesaikan soal-soal dalam ujian matematika bukan karena tidak mengetahui rumusnya. Namun, sebagian dikarenakan oleh lamanya waktu pengerjaan karena dibatasi oleh waktu. Oleh karena itu, ada beberapa rumus dengan penyelesaiannya yang ringkas dan memudahkan pengerjaan anak-anak SMA.

Rumus Pangkat Dan Akar

Rumus pangkat dan akar merupakan rumus yang menyelesaikan soal-soal pangkat. Soal-soal berpangkat seperti 23 x 25 dengan cara pengerjaan yang kompleks menjadi (2 x 2 x 2) x ( 2 x 2 x 2 x 2 x 2). Cara pengerjaan itu membutuhkan waktu yang cukup lama dan menyia-nyiakan waktu untuk mengerjakan soal lainnya. Dengan cara yang ringkas, anak-anak bisa mendapatkan hasil dalam hitungan detik.

Cara cepatnya adalah dengan menambahkan pangkat yang ada karena angka bilangan bulat berjumlah sama. Caranya, 2(3+5) = 28. Jika sudah mendapatkan penjumlahan pangkatnya, Anda tinggal mengalikan angka 2 sebesar pangkatnya. Hal tersebut hanya berlaku jika bilangan utama memiliki nilai yang sama. Begitu juga dengan pembagian. Jika Anda menemui persoalan 29 : 27 maka, cara pengerjaannya menjadi 2(9 – 7) = 22.

Rumus Logika Matematika

Untuk pelajaran logika matematika, anak-anak akan diajak untuk berpikir lebih keras menggunakan logika. Bukan persoalan berupa angka, namun, pernyataan bernilai benar atau salah dengan memainkan logika. Pernyataan pada logika matematika ada dua jenis, diantaranya pernyataan tertutup dan terbuka. Pernyataan tertutup atau sebuah kalimat tertutup adalah pernyataan yang sudah terlihat nilai benar dan salahnya.

Contohnya seperti nilai 6 adalah bilangan ganjil. Kalimat tersebut sudah pasti salah karena nilai 6 merupakan bilangan genap. Sedangkan, untuk pernyataan terbuka atau kalimat terbuka adalah pernyataan yang belum dapat diketahui nilai kebenarannya. Dengan contoh seperti, p(x): 2x + 5 < 9, dengan x adalah angka 2. Maka, penyelesaiannya 2(2) + 5 < 9 menjadi 4 + 5 < 9. Itu berarti jawabannya adalah salah, karena seharusnya 9 = 9, bukan 9 < 9. Itu hanya beberapa rumus singkat dari pelajaran matematika untuk jenjang SMA. Masih banyak lagi yang harus anak-anak pelajari dan pahami dengan terus melatih kemampuan dalam mengerjakan matematika. Tulis rumus matematika SMA yang masih belum dipahami agar terlatih.