Hafalan Rumus Matematika Cepat untuk Siswa SMP dan SMA

Posted on

Matematika merupakan salah satu pelajaran yang diterapkan untuk pendidikan di tingkat SMP dan SMA. Pelajaran yang satu ini selalu berisikan tentang rumus, perhitungan dan hafalan yang kerap menjadi momok bagi sebagian besar siswa SMP dan SMA. Mungkin Anda salah satunya yang merasa ogah untuk mempelajari pelajaran ini, bahkan lebih parahnya ikut-ikutan ogah dan membenci guru yang mengajarinya. Semoga tidak karena pelajaran matematika akan terasa lebih indah saat Anda bisa menemukan trik khusus untuk memahami dan menguasainya.

Bagi Anda yang ingin memperoleh hasil atau nilai yang bagus, maka tentu Anda diharuskan memiliki kemampuan untuk menghafal rumus matematika dengan bagus pula. Namun, tentu ini bukanlah hal yang mudah mengingat materi dan pembahasan pelajaran matematika begitu banyak sehingga tidak memungkinkan jika Anda mempelajarinya secara bersamaan. Terdengar cukup mustahil jika Anda bisa melakukannya dalam waktu sebentar. Untuk itu, Anda perlu melatih otak sehingga kemampuan sejuta komputer bisa tersistem di dalam otak Anda.

Hafal Rumus Matematika Menggunakan Warna

Setiap perhitungan yang menggunakan rumus memang terlihat lebih rumit jika dibandingkan penyelesaian soal lainnya. Untuk menghilangkan rasa rumit dan mual akibat melihat rumus matematika ialah dengan menemukan trik khusus untuk membuatnya terlihat lebih menarik untuk dipelajari. Nah, Anda bisa mencoba dengan mewarnai rumus matematik menggunakan warna yang berbeda-beda di setiap rumus. Misalnya saja, saat mempelajari rumus kubus, maka Anda bisa memberikannya warna hijau dan memberikan warna kuning pada rumus balok. Penggunaan warna-warna yang cerah akan membantu merangsang otak dalam menghafal dan mengingat rumus dengan lebih baik lagi.

Hafal Rumus Matematika Menggunakan Kata Ganti Atau Kalimat

Tidak hanya menggunakan media warna, proses menghafal rumus matematika untuk siswa SMA dan SMP juga semakin mudah dan cepat dengan menggunakan kata ganti atau bahkan menggunakan kalimat. Penggunaan rumus bisa diganti dengan menggunakan kata ganti dan kalimat sehingga akan lebih mudah diingat. Anda bisa menggunakan kata ganti atau kalimat yang sering dipakai sehingga akan lebih mudah meresap kedalam kepala. Misalnya, rumus untuk mencari balok akan lebih mudah dihafal dengan mengganti menggunakan kalimat dua kali lalu ditambah pete dan ditambah lontong untuk rumus L=2 pxl+p.t+l.t.

Kalkulator Kendala Menghafal Rumus Matematika Tidak bisa dipungkiri, pada zaman seperti saat ini banyak orang terkhususnya para siswa lebih memilih menikmati penggunaan teknologi yang canggih. Termasuk dalam hal meningkatkan ilmu pelajaran matematika menggunakan kalkulator. Nah, hal seperti ini yang wajib Anda hindari dan pastikan untuk tidak tergiur menggunakannya. Penggunaan kalkulator yang ada pada seluruh gadget ini akan menghambat otak untuk menghafal rumus-rumus matematika bahkan membuatnya hilang secara perlahan.