RPP Kurikulum 2013 SD Kelas I Revisi 2017

Posted on

Apa perbedaan RPP kurikulum 2013 SD kelas I yang belum direvisi dan edisi revisi 2017? Salah satu yang paling dominan adalah pada peletakan identitas nilai pendidikan karakter pada proses pembelajaran dengan prosesnya. Sebagai contoh, jika pada kegiatan inti berbunyi “guru membimbing siswa dalam berdoa sesuai agama dan kepercayaan masing – masing”. Maka, setelah tulisan tersebut ada penjelasan kata di dalam kurung (religius).

Maksud dari penjelasan kata di dalam kurung tersebut adalah bahwa kegiatan yang dilakukan terintegrasi dengan nilai karakter religius. Ada 18 nilai karakter yang harus diajarkan dengan membaur bersama mata pelajaran tertentu di setiap jenjang sekolah. Tetapi karena pembelajaran di kelas I SD memiliki sistem tematik, maka nilai tersebut juga harus diintegrasikan penerapannya pada setiap tema.

Pada buku guru, terdapat panduan bagaimana cara mengintegrasikan 18 nilai karakter selama satu minggu dalam kegiatan – kegiatan tertentu. Tetapi, guru juga harus lebih proaktif dalam menjabarkan dan menanamkan pendidikan karakter supaya sikap siswa bisa lebih baik dan mereka pun akan menjadi manusia seutuhnya dengan budi luhur.

Pada RPP sebelum di revisi, ada 5 tahapan yang harus diurutkan yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan data, menganalisis dan menyimpulkan. 5 tahapan ini tetap ada di RPP sesudah revisi tetapi urutannya bisa diacak. Ada 2 alasan perbaikan ini, yang pertama adalah untuk memberikan variasi kegiatan pembelajaran supaya tidak monoton. Yang kedua adalah untuk memaksimalkan potensi masing – masing siswa yang heterogen.

Kondisi awal siswa akan mempengaruhi penilaian individual. Meskipun bersifat klasikal, tetapi pembelajaran di SD kelas I harus bisa mengakomodasi kebutuhan penilaian secara individual. Tujuannya adalah untuk memberikan kesempatan bagi setiap siswa untuk bisa berkembang dan mengerti potensi apa paling dominan melalui materi kesukaan.

Ada beberapa penilaian yang sedikit berbeda dari RPP sebelum direvisi yaitu peer scoring. Meskipun masih kelas I SD, tetapi para siswa diberikan kesempatan dan pengarahan untuk dapat memaksimalkan kemampuan terutama dalam menganalisis serta berpendapat. Kesimpulannya, RPP kurikulum 2013 kelas I SD setelah direvisi tahun 2017 lebih kompleks dan menekankan integrasi pendidikan karakter.