Orang Tua Harus Tahu, 5 Hal Penting Pendidikan Anak Dalam Islam

Posted on

Agama Islam mengajarkan pada orang tua agar memberikan pendidikan yang benar untuk anak. Pendidikan tersebut adalah yang memiliki tujuan agar bisa menjadikan buah hati meraih kesuksesan dimasa sekarang dan yang akan datang. Fokus utama pada agama Islam adalah menjadikan anak yang soleh dan soleha agar memiliki akhlak baik serta memiliki ilmu keduniawian pula.

Pendidikan yang terbaik bagi agama Islam adalah berujung pada kesuksesan dunia akhirat sehingga pada akhirnya akan mempertemukan kedua orang tua dan anak di surga kelak.Hal ini menjadikan pendidikan diutamakan pada anak agar memiliki cita – cita akhirat yaitu masuk surga. Untuk keinginan menjadi apa nanti di dunia saat dewasa memang diperbolehkan tetapi tujuan utama adalah sukses dunia akhirat.

Selanjutnya pada saat mendidik anak perlu memperhatikan tentang sifat yang dimilikinya. Hal ini dikarenakan tidak akan sama sifat antara satu orang dengan yang lainnya. Hal ini sebaiknya dicermati oleh orang tua agar bisa memberikan pengarahan sesuai dengan karakter masing – masing anak yang tentunya berbedda – beda setiap individu.

Pembagian tahapan pendidikan anak pada agama Islam dibagi menjadi beberapa tahapan diantaranya mengajarkan sesuatu dengan bermain. Hal ini diperuntukkan bagi mereka yang memiliki usia mulai dari lahir hingga sebelum 7 tahun.

Tahapan berikutnya adalah mulai bisa mengajarkan anak untuk berlatih disiplin yakni mulai umur 7 hingga 14 tahun. Terakhir untuk anak dengan usia 14 tahun ke atas bisa dididik dengan melakukan pendekatan antara orang tua dengan buah hatinya yang telah menginjak usia remaja.

Metode pendidikan yang diperlukan dalam Islam diantaranya adalah perlunya keteladanan. Pemberian contoh dalam kehidupan sehari – hari ini harus dilakukan orang tua sehingga anak akan meniru kebiasaan baik. Berikutnya pada saat anak telah diberi contoh bagaimana seharusnya sesuatu yang baik, maka dilanjutkan dengan membiasakan supaya melakukan berbagai macam perbuatan baik setiap harinya.

Keteladana serta pembiasaan yang dilakukan memerlukan pengawasan yang dilakukan oleh orang tua. Nasehat dalam menjalankan kehidupan sehari – hari perlu diberikan agar anak menjadi tentram hatinya. Pemberian sanksi atau hukuman pada saat anak melanggar adalah sesuatu yang penting untuk dilakukan.