Materi PKN SD : Runtutan Kejadian Pembentukan Dasar Negara Pancasila (BPUPKI)

Posted on

Materi PKN SD : Runtutan Kejadian Pembentukan Dasar Negara Pancasila (BPUPKI)

Pancasila merupakan dasar negara yang hingga saat ini dipegang teguh. Pembuatannya dilakukan pada masa persiapan kemerdekaan Indonesia. Berikut adalah runtutan kejadiannya.

Masa BPUPKI

Kemerdekaan Indonesia merupakan salah satu hasil dari usaha pemuda dan anak bangsa. Sebetulnya pada masa penjajahan Jepang, penjajah memberikan janji kemerdekaan pada Indonesia. Oleh karena itu mereka memberikan kesempatan pada Indonesia untuk membentuk badan persiapan untuk kemerdekaan yaitu BPUPKI.

BPUPKI singkatan dari Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia yang memiliki nama lain Dokuritsu Junbi Cosakai. Pembentukan dari badan ini dilaksanakan pada 1 Maret 2018 oleh pemerintah Jepang sendiri melalui jendral Jepang untuk Jawa, Kumakichi harada.

Anggota dari BPUPKI tersebut antara lain adalah :

  • Ketua : dr Radjiman Wedyodiningrat
  • Wakil ketua : Icingabase (dari pemerintah Jepang)
  • Sekretaris : R.P. Soeroso
  • Anggota 63 orang dari masing-masing daerah Indonesia dan 7 orang tanpa hak suara

Pengangkatan anggota ini dilakukan di daerah Pejambon lebih tepatnya di gedung yang saat ini dikenal sebagai Gedung Departemen Luar Negeri yang dulu disebut dengan Cuo Sangi.

Tujuan pembentukan BPUPKI adalah untuk menentukan dasar negara. Pada masa ini untuk membentuk dasar negara dilakukan 2 kali sidang.

Sidang pertama BPUPKI

Pada masa sidang pertama BPUPKI dasar negara terbentuk melalui diskusi.

  • Masa pelaksanaan : 29 Mei – 1 juni
  • Tujuan : menentukan dasar negara
  • Pembicara : Muh Yamin (29 Mei), Prof Dr Soepomo (31 Mei), Soekarno (1 Juni)
  • Hasil : 5 dasar negara yang dikemukakan oleh Ir Soekarno, panitia 9, Panitia Perancang UUD, Panitia Pembelaan Tanah Air dan juga Panitia Ekonomi dan Keuangan

Dasar negara yang akhirnya diambil dari pidato Ir Soekarno. Dasar inilah yang kemudian disebut dengan Pancasila dan tgl 1 Juni hingga saat ini diperingati sebagai Hari lahir Pancasila

Sidang Kedua BPUPKI

Seperti yang disebutkan sebelumnya, hasil sidang pertama BPUPKI ada 2 yaitu dasar negara dan juga membentuk beberapa panitia. Panitia-panitia ini menjalankan tugasnya pada masa sidang kedua BPUPKI yang dilakukan pada 10 Juli 1945 – 16 Juli 1945. Apa saja? Berikut ulasannya.

  • Panitia 9

Panitia sembilan memiliki 9 anggota yaitu : Ir. Soekarno, Moh. Hatta, Moh. Yamin, Agus Salim, AA Maramis, Ahmad Subarjo, Abdul Kahar Muzakir, KH Abdul Wachid Hasyim dan Abikusno Cokrosuyoso.

Tujuan : dari panitia 9 ini adalah menyempurnakan dasar negara dengan aspirasi dari pihak lainnya.

Hasil : perumusan piagam jakarta dalam pidato Moh Yamin (22 Juni 1945)

  • Panitia Perancang undang-undang

Ketua : Ir Soekarno

Masa sidang : 10 Juli 1945 – 16 Juli 1945

Tujuan : merumuskan Undang-Undang Dasar Negara

Hasil : terbentuk Panitia Kecil, Rancangan UUD

Rancangan Undang-undang Dasar yang dihasilkan dari panitia inidisempurnakan oleh Panitia Penghalus Bahasa (Husein Jayadiningrat, Agus Salim, Dr. Soepomo)

Hasil utama dari masa sidang ini adalah :

  • Pernyataan Indonesia merdeka
  • Pembukaan UUD

UUD