Materi Buku PKN SD Kelas 3

Posted on

Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) SD kelas 3 pada kurikulum 2013 sudah membaur menjadi salah satu materi pembelajaran tematik. Jadi, seluruh tema mengandung materi PKN, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, matematika, penjasorkes, dan seni budaya. Jika ingin mencari buku paket atau lembar kerja siswa (LKS) yang memuat materi PKN saja, maka disarankan untuk memilih kurikulum KTSP 2006.

Materi Buku PKN SD Kelas 3
Materi Buku PKN SD Kelas 3

Ada 4 bab yang menjadi materi utama buku PKN SD kelas 3. Bab I adalah tentang makna Sumpah Pemuda. Sumpah pemuda adalah suatu ikrar yang diucapkan sebelum kemerdekaan oleh para pemuda Indonesia dari berbagai suku dan ras. Momen ini menjadi awal persatuan semua rakyat Indonesia untuk berjuang dalam kemerdekaan.

Pada sub bab pertama, ada pembahasan tentang konsep satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa. Lalu, dari dasar tersebut diberikanlah paparan hakikat Sumpah Pemuda secara sederhana sesuai pemahaman siswa SD. Sub bab yang terahir membahas tentang pengamalan nilai-nilai Sumpah Pemuda.

Aturan di masyarakat menjadi materi pembahasan di bab II. Sub bab yang pertama adalah tentang pengenalan terhadap aturan. Setelah itu, di sub bab dua akan ada pemaparan terkait aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat. Karena materi ini berkaitan dengan siswa, maka sub bab tentang aturan di lingkungan sekolah juga ditekankan supaya mereka dapat mengimplementasikan sub bab keempat yakni aturan di masyarakat.

Bab III menjadi materi pertama pada semester genap. Judul dari bab ini adalah Pentingnya Harga Diri. Ada 3 sub bab yang dipaparkan yaitu pengertian harga diri, bentuk harga diri, serta harga diri dalam kehidupan sehari – hari. Jadi, diharapkan setelah mempelajari tentang hal itu para siswa akan bisa mengaplikasikan pendidikan karakter secara menyeluruh.

Bab IV adalah tentang menumbuhkan rasa bangga sebagai Bangsa Indonesia. Ciri khas Bangsa Indonesia menjadi pembahasan pada sub bab pertama. Sedangkan sub bab kedua membahas tentang bagaimana cara menunjukkan kebanggaanmenjadi anak Indonesia. Karena kebanggaan terhadap bangsa Indonesia merupakan salah satu nilai dari 18 nilai karakter yaitu cinta tanah air, maka pembelajaran ini memiliki 2 manfaat yaitu mengajarkan PKN dan pendidikan karakter.