Contoh Soal Ujian Nasional SD 2017

Posted on

Ujian Nasional (UN) adalah momen yang sangat penting bagi siswa SD karena nilai hasil tes tersebut akan digunakan sebagai dasar penerimaan siswa baru ke jenjang SMP. Contoh soal UN tahun 2017 mata pelajaran IPA adalah tentang kalender masehi serta hijriah sebagai berikut:

  1. Dasar perhitungan kalender Hijriyah adalah peredaran ….
  2. Bulan terhadap matahari
  3. Bumi terhadap bulan
  4. Bulan terhadap bumi
  5. Bumi terhadap matahari

Selain itu, ada juga bahasan tentang adaptasi morfologi dan perilaku pada makhluk hidup. Contoh soalnya adalah sebagai berikut:

  1. Bau busuk dapat menarik para serangga dimiliki oleh bunga…
  2. Rafflesia
  3. Ganggang
  4. Teratai
  5. Anggrek

Pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, materi yang hampir selalu ada di kisi – kisi setiap tahun adalah tentang arti dari sebuah ungkapan seperti contoh di bawah ini:

  1. Anak itu sangat ringan tangan membantu ibunya. Yang dimaksud ringan tangan adalah …
  2. Tangannya selalu bergerak tidak bisa diam
  3. Suka atau rajin membantu
  4. Suka mencuri dan meminjam tanpa izin
  5. Suka memukul

Mata pelajaran lain yang diujikan adalah matematika. Materi matematika yang selalu keluar dalam soal UN tetapi diacak penomorannya yaitu tentang Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB). Contoh soalnya adalah sebagai berikut:

Untuk FPB biasanya menggunakan 3 angka

  1. FPB dari 3 bilangan yaitu 70, 84, dan 98 adalah …..
  2. 14
  3. 28
  4. 56
  5. 98

Sedangkan untuk soal KPK biasanya menggunakan 2 – 3 kata tergantung tingkat kesulitan soal lain supaya komposisinya seimbang.

  1. KPK dari 2 bilangan 28 dan 42 yaitu …..
  2. 12
  3. 42
  4. 48
  5. 84

Selain contoh soal di atas, masih ada banyak lagi materi yang harus dipelajari para siswa. Karena pelajaran atau muatan yang dibebankan pada soal UN mencakup semua pelajaran di SD. Cara mempelajari setiap butir soal adalah membaca dulu kisi – kisinya lalu beranjak ke rangkuman materi. Jika sudah dibaca maka kemungkinan untuk menjawab secara tidak benar akan berkurang.