Buku Tematik Kelas 1 SD MI Kurikulum 2013

Posted on

Buku tematik kelas 1 SD untuk kurikulum 2013 ini terdiri dari tema 1 hingga 8. Tema 1, 2, 3, dan 4 akan dipelajari pada semester 1 sedangkan semester 2 akan membahas mengenai tema 5, 6, 7, dan 8. pada saat mempelajari tema 1 siswa akan diajarkan tentang hal – hal yang berkaitan dengan dirinya sendiri.

Memasuki tema 2, pembahasan disini adalah mengenai kegemaran. Pada tema 2 ini anak akan diajarkan berbagai macam kegemaran yang ada. Kegemaran – kegemaran tersebut bisa dipilih oleh siswa kelas satu sesuai dengan apa yang disukainya. Melakukan kegemaran dalam kehidupan sehari – hari lalu menceritakanny ke depan kelas akan membuat anak senang dan melatih keberanian seseorang sejak dini.

Tema 3 pada saat masih di semester 1 ini berisi tentang kegiatanku. Dimana siswa akan menelaah kegiatan apa saja yang dilakukannya dalam kehidupannya sehari – hari. Siswa akan berpikir apasa yang dilakukannya dalam hari – harinya mulai pagi, siang, sore, hingga malam hari menjelang tidur.

Tema 4 selanjutnya akan menceritakan tentang keluarga, yakni menceritakan tentang orang – orang yang ada di rumah. Keberadaan ayah dan ibu sebagai orang tua, adik dan juga kakak. Pada keluarga – keluarga lain juga memungkinkan adanya kakek serta nenek. Menceritakan tentang keluarga akan membuat anak memiliki ikatan emosi yang lebih kuat.

Untuk semseter 2 siswa akan mulai dikenalkan dengan pelajaran mengenai pengalamanku di tema 5. Pada materi ini siswa akan menceritakan kejadian – kejadian unik yang dialaminya sehari – hari. Pada tema 6 siswa juga akan menerima pengetahuan tentang lingkungan. Siswa akan mengenal keadaan yang ada di sekitarnya.

Selanjutnya siswa akan dikenalkan mengenai benda, hewan, serta tanaman yang ada di sekitar tempat tinggalnya. Nama – nama berbagai macam benda, hewan, dan juga tanaman akan dijumpai ditema 7 ini. Bab 8 yang merupakan akhir dari tema kelas 1 ini akan membahas mengenai berbagai peristiwa alam yang sering terjadi dan dijumpai dalam kehidupan sehari – hari. Hal ini akan menjadikan siswa memahami gejala – gejala alam di sekitarnya