Langkah-Langkah Pembuatan Skripsi Agar Berjalan Lancar

Posted on

Masa kuliah Anda tidak akan lengkap jika belum melewati susahnya membuatskripsi. Bahkan ada yang bilang tugas-tugas kuliah tidak seberapa susahdibandingkan skripsi. Hal tersebut memang benar. Seperti halnya anak SMP danSMA yang ditentukan dengan nilai UN maka, mahasiswa bertahun-tahun kuliahditentukan dengan lulus tidaknya skripsi yang dikerjakan dalam waktu singkat.Skripsi menjadi hal penentu dari kuliah Anda selama 4 tahun atau bahkan lebih.

Agar skripsi Anda bisa diterima oleh dosen pembimbing dan tidak membutuhkan perbaikan dengan cukup banyak, Anda membutuhkan kiat-kiat dalam menyusun skripsi yang baik. Berikut ini langkah-langkah pembuatan skripsi buat Anda yang sedang dalam proses.

Persiapkan Judul Sesuai Kemampuan

Sebelum membuat skripsi seutuhnya, Anda harus bisa menentukan judul dari sebuah skripsi. Judul skripsi tersebut nantinya akan menjadi sebuah penelitian yang harus Anda lakukan. Oleh karena itu, agar tidak merasa susah atau berat, disarankan untuk mencari judul yang sesuai dengan kemampuan diri Anda. Usahakan judul yang akan Anda gunakan nantinya lakukan pengecekan terlebih dahulu apakah kasusnya sama dengan punya orang lain atau tidak.

Dengan begitu, kemungkinan ditolak oleh dosen pembimbing cukup kecil. Buat semenarik mungkin judul yang akan Anda bawa ke hadapan dosen pembimbing skripsi. Setelah sudah menentukan judul skripsi yang akan Anda teliti, buat juga permasalahan dari topik skripsi yang akan dibahas. Bahasan tersebut nantinya menjadi penjelasan yang cukup panjang dengan rentetan pengerjaan. Seperti pengamatan, wawancara, dan mencari solusi dari permasalahan.

Jangan Lupakan Pembuatan Proposal

Proposal skripsi bisa dibilang mentahan dari skripsi Anda sebelum disetujui dosen pembimbing. Pembuatan proposal membutuhkan sistematika yang sangat umum digunakan. Seperti, pembuatan cover skripsi, lembar pengesahan, latar belakang, identifikasi masalah, pembatasan masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, kajian teori, metodologi penelitian, dan daftar pustaka.

Anda bisa mencari referensi terkait penelitian di perpustakaan kampus maupun kota. Atau, Anda juga bisa membelinya di toko buku. Pembuatan cover tidak sembarangan. Bagian pertama adalah logo universitas tempat Anda bersekolah. Lalu, judul dari skripsi Anda dan di bawahnya terdapat nama dan nomor mahasiswa. Dan yang paling bawah adalah nama jurusan, fakultas, dan universitas tempat Anda menuntut ilmu.

Bahkan untuk isi skripsi, ada ketentuan dalam penulisan. Baik bentuk tulisan, ukuran tulisan dan juga pinggir kanan serta kiri kertas. Begitu juga untuk penulisan daftar isi dan daftar pustaka. Semua penulisan memiliki ketentuan yang biasanya akan diberitahukan ketika Anda akan menyusun skripsi oleh pihak jurusan di universitas.

Itulah penjelasan singkat mengenai langkah-langkah pembuatan skripsi yang bisa diikuti. Buat Anda yang bersiap-siap menuju skripsi, tentukan dengan baik judul yang diambil.